Sekarang, Perpusduta hadir di TeamTalk!! Dengan channel Perpustakaan Dunia Cerita di server Indonesia lalu masuk ke Public room. Dapatkan aplikasi TeamTalk di App Store dan Play Store atau melalui website di bearware.dk
Channel YouTube Perpustakaan Dunia Cerita
Donasi Perpusduta
Hai, Pengunjung!
Beranda
Masuk
Daftar
Artikel | Folder Cerita Lingkungan

Pohon dan Uang

Yang ditambahkan:admin-dc (31.03.2017 / 16:31)
Rating:rating 3 article (1)
Jumlah dibaca:327
Komentar:0
Akhir-akhir ini kita rasakan hidup kita tidak senyaman dulu lagi. Sejuk, dingin, udara yang bersih kini hanya menjadi sebuah kenangan yang mungkin susah kembali seperti dulu. Apalagi sekarang ini hidup kita dihadapi dengan sebuah musibah besar yang sulit untuk diatasi. Musibah itu adalah pemanasan global.

Pemanasan global terjadi karena disebabkan oleh panas matahari lebih terik karena dibawahnya tidak ada lagi penghalang yaitu pohon-pohon. Pohon-pohon yang menghalangi panas matahari agar tidak terlalu terik kini gundul sudah. Pengaruh pemanasan global terhadap lingkungan adalah yang dulunya sejuk, dingin, udara bersih kini berubah menjadi panas dan udara menjadi kotor karena pohon banyak ditebang. Jika saja tidak ada penebangan liar, mungkin perubahan itu tidak akan terjadi.

Selain untuk menghalang panas matahari supaya tidak terlalu terik, fungsi pohon yang lain adalah menghasilkan oksigen. Oksigen adalah suatu gas yang diperlukan manusia untuk bernafas. Terjadinya oksigen berawal dari pohon mengubah gas karbon dioksida menjadi oksigen. Jika di dunia ini tidak ada oksigen, pasti manusia dan makhluk hidup yang lain tidak bisa hidup.

Tahukah anda, satu pohon yang menghasilkan oksigen bisa untuk dua manusia? Jadi janganlah menebang pohon terlalu banyak apabila tidak mau kehilangan oksigen.

Tapi sekarang ini banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Menebang pohon dengan sangat liar bagi mereka adalah suatu keuntungan besar dalam perusahaannya. Tapi tahukah engkau hey para pengusaha? Bagimu itu adalah suatu keuntungan besar untuk perekonomian kalian. Namun, kalian harus tahu bahwa keuntungan tidak selamanya meraja. Coba kalian lihat kebawah, gara-gara kalian bencana alam tiba.
Membuat nyawa manusia banyak yang hilang karena kalian. Terjadinya banjir karena tidak ada lagi pohon yang dapat menyerapnya. Terjadinya tanah longsor karena tidak ada lagi pohon yang menghalangi. Yang paling parah adalah hilangnya oksigen dalam kehidupan kita karena tidak ada lagi pohon yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Coba renungkanlah penyebabnya jika tidak ada pohon di dunia. Tidak selamanya uang membuat diri kita bisa bernafas lega karena menciumnya. Apa uang itu dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen? Enggak kali.

Jika kita dulu dapat melestarikan pohon, mungkin tidak ada pemanasan global. Tapi sekarang, pemanasan global sudah terjadi. Sulit untuk diatasi. Harapan satu-satunya yang sekarang bisa kita lakukan adalah tanamlah pohon sebanyak-banyaknya agar anak-Cucu kita nanti tidak kekurangan oksigen dan panas matahari tidak terlalu terik lagi. Mudah-mudahan dunia bisa terselamatkan dari pemanasan global.
AAMIIN...
Download file txt | fb2

Beranda
0 / 5

Perpus Dunia Cerita


Kontak Kami (Facebook)
© Perpustakaan Dunia Cerita